Jumat, 05 Mei 2023

MENGUNGKAPKAN KEBAHAGIAAN KETIKA LULUS UJIAN


Lulus ujian adalah salah satu kebahagiaan bagi setiap siswa.   Sebagian dari siswa mengungkapkan kebahagiaannya dengan melakukan berbagai aksi, seperti mencoret coret atau meminta tanda tangan dari rekan rekannya di pakaian seragam sekolah, melakukan konvoi di jalanan,  mengecat rambut dan lain sebagainya.   Tradisi ini bisa dikatakan tradisi yang turun temurun dan menjadi kebiasaan rutin bagi siswa yang lulus ujian, sehingga ini menjadi kekhawatiran bagi berbagai pihak, baik dari guru, aparat kemanan, dan  masyarakat, karena konvoi di jalanan dikhawatirkan menggangu kelancaran lalu lintas, dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain, serta dapat memicu terjadinya kesalahapahaman dan kerusuhan antar kelompok siswa. 

Nah trasisi apa yang seharusnnya dilakukan oleh siswa jika lulus ujian
1.  Bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang  Maha Esa karena atas nikmat yang Ia berikan Anda diberikan nikmat yang begitu banyak sehingga bisa lulus ujian.   Ungkapan syukur ini adalah dengan mengucapkan Alhamdulillah, sujud syukur, semakin meningkatkan ibadah, atau mengungkapkan rasa syukur dengan bersedekah, misalnya memberikan uang kepada orang yang tidak mampu, menyumbangkan pakaian seragam sekolah yang sudah tidak digunakan pada adik kelas yang membutuhkan. 

2. Mengucapkan terima kasih pada kedua orang tua yang telah dengan susah payah, peras keringat, dan banting tulang mencarikan biaya untuk menyekolahkan kita.  Oleh karena itu ketika lulus ujian siswa sebaiknya bersalaman dan mengucapkan terima kasih pada kedua orang tuanya/ wali dan pada orang orang yang telah membantu kita sehingga kita bisa lulus.

3.  Mengucapkan terima kasih pada Bapak Ibu guru, tata usaha, dan staf di sekolah yang telah memberikan ilmu, pendidikan, pengalaman dan membantu administrasi keperluan sekolah kita sampai kita bisa sukses dan lulus sekolah. 

4. Menyumbangkan barang yang bermanfaat seperti buku pelajaran atau buku buku bacaan untuk dapat digunakan oleh adik adik kelasnya nanti,  karena dengan menyumbangkan buku berarti kita sudah mebarkan ilmu yang kelak akan menjadi amal jariah di akhirat nanti. 

5.  Menjaga nama baik almamater, dengan berupaya menjadi orang yang sukses sehingga nama baik sekolah pun menjadi terangkat dan kualitas sekolah menjadi meningkat dengan banyak nya alumni yang sukses. 

6.  Berupaya menjaga silaturahmi dengan Bapak Ibu Guru, Tata Usaha dan Staf dengan sesekali waktu berkunjung ke sekolah dengan saling mendoakan untuk kebaikan.  

Semoga motivasi ini bermanfaat bagi siswa yang lulus ujian

Tidak ada komentar:

RAPOR KURIKULUM MERDEKA

RAPOR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS EXCEL Rapor Kurikulum Merdeka Berbasis Excel dibuat menggunakan MS Excel yang didesain dengan mudah, ringka...