Kamis, 14 Juli 2022

UJI COBA FOTOSINTESIS DENGAN PIRING DAN GELAS

Untuk menguji fotosintesis pada tumbuhan kita umumnya menggunakan corong glas, gelas ukur dan tabung glas.  Nah secara sederhana dirumah Ananda bisa melakukan uji coba fotosintesis sendiri dengan bahan yang ada di dapur hanya piring dan gelas saja. Caranya:

1. siapkan piring dan gelas yang bening

2. siapkan ember berisi air penuh

3. sipapkan tanaman hidrilla (bisa di beli di toko yang menjual ikan hias)

4. letakkan hidrilladi di dasar piring kemudian ditutup dengan gelas.  

5.  masukkan secara bersamaan piring dan gelas ke dalam ember yang penuh dengan air dan usahakan agar air masuk ke dalam gelas.

6. angkat piring dan gelas secara bersamaan dengan posisi gelas terbalik seperti pada gambar di bawah ini dan pastikan air berada di dalam gelas dan di dalam piring, sehingga air yang berada di dalam gelas terjebak tidak bisa keluar karena tertahan oleh air yang adi dalam piring. 

7  Letakkan piring dan gelas berisi air dan tumbuhan hidrillah tersebut di tempat yang terkena panas sinar matahari.

8.  Amati gelembung-gelembung yang keluar dari tumbuhan hidrilla.  Gelembung-gelembung tersebut menunjukkan bahwa tumbuhan hidrilla melakukan fotosinteis pada saat terkena sinar matahari dan menghasilkan gas oksigen yang keluar dari tumbuhan tersebut dalam bentuk gelembung gelembung. 

Berikut foto perangkat percobaan sederhana fotosintesis




Gambar Alat sederhana uji fotosinteis dengan Hydrilla dimasukkan ke dalam piring dan gelas
(Rahmat Suryanto)

Tidak ada komentar:

RAPOR KURIKULUM MERDEKA

RAPOR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS EXCEL Rapor Kurikulum Merdeka Berbasis Excel dibuat menggunakan MS Excel yang didesain dengan mudah, ringka...