Jumat, 08 Juli 2022

MEMBUAT TES ONLINE DENGAN GOOGLE FORM




Assalamualaikum wr.wb.

Untuk Bapak Ibu Guru yang memerlukan informasi tentang bagaimana cara membuat tes baik untuk latihan soal, ataupun untuk ulangan harian dengan menggunakan Google Form, kali ini penulis akan membagina pengalaman tentang bagaimana membuat tes dengan Google Form.

Sebelum masuk ke pembahasan terlebih dahulu penulis ingin menjelaskan tentang pengertian google form. 

Google Formulir atau biasa disebut disebut Google Form merupakan sebuah layanan dari Google yang digunakan untuk membuat tanya jawab dengan fitur secara online atau survei yang bisa dirancang sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan google formulir ini, penggunanya akan mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei.  Google formulir ini dapat juga digunakan untuk kegiatan kuis atau tes, dimana pengguna dapat langsung memperoleh skor atau nilai dari jawaban siswa.  Sehingga akan meringankan perkerjaan guru karena guru tidak perlu mengoreksi soal.  


Untuk membuat google form ada syarat yang harus terlebih dahulu kita miliki yaitu 
1.      Harus Memiliki Email Gmail.
2.      Memiliki WA atau link medsos lainnya yang digunakan untuk membagikan alamat situs soal tersebut.

BERIKUT LANGKAH UNTUK MEMBUAT TES ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE DRIVE
1.      Buka Email Gmail kita
2.      Klik aplikasi Google kemudian pilih Drive




 3.   Klik My Drive kemudian pilih Google Form, selanjutnya klik Kuis Kosong




4.  Setelah mucul tampilan berikut silahkan di ketik Judul,  petunjuk, kemudian nama siswa kelas, pilihan jawaban singkat.  setelah selesai klik tanda tambah untuk menambahkan soal


5.  selanjutnya pilih pilih multiple choice (untuk soal pilihan ganda) kemudian ketik alternatif jawaba pilihan ganda.  kemudian klik tambahkan lainnya untuk menambahkan alternatif pilihan ganda.  setelah selesai klik tanda tambah untuk membuat soal berikutnya





8.  Selanjutnya klik setelah kemudian beri centang jadikan sebagai kuis, dan lakukan pengaturan dengan memberi centang nilai point, artinya siswa hanya dapat melihat nilai point/skor nya saja setelah selesai mengerjakan soal 


9.  Selanjugnya buat kunci jawaban untuk pemeriksaan soal secara otomatis, artinya jika jawaban siswa betul maka siswa akan mendapat skor secara otomatis.
10. Pilih kunci jawaban yang benar kemudian ketik skor untuk jawaban benar, selanjutnya klik selesai dan buat kunci  jawaban untuk soal yang lain.


10.  Setelah selesai buat atau ganti nama filenya, misalnya latihan soal biologi 


11.  Berikan link untuk mengerjakan soal dengan mengklik pratinjau (gambar mata) di kanan atas)

11.  Kopikan link dan berikan link untuk mengerjakan soal pada siswa melalui WA atau web




MENGERJAKAN SOAL TES ONLINE DENGAN GOOGLE FORM
Soal tes online ini dapat dikerjakan oleh siswa menggunakan android/smart phone, atau laptop yang terhubung dengan internet.

Untuk dapat mengerjakan soal tes tersebut kita harus memberikan alamat url atau alamat link soal tersebut.  Alamat tersebut dapat diberikan  melalui wa atau di pasang di blog atau web.

Setelah siswa mengetik atau mengklik alamat link soal tersebut, maka akan muncul tampilan berikut



Siswa menjawab soal dengan cara mengetik nama, kelas, nomor induk dan menjawab dengan mengklik jawaban yang benar. Setelah selesai klik submit/KIRIM dan lihat SKOR untuk melihat nilai hasil mengerjakan soal.  

MELIHAT HASIL JAWABAN SISWA


Untuk melihat siswa yang sudah mengerjakan soal, klik Jawaban

Selanjutnya ceklis buat spreadsheet baru, lalu klik buat

Selanjutnya akan muncul hasil pekerjaan siswa berikut skor jawabannya


SELAMAT MENGGUNAKAN TES ONLINE SEMOGA MEMUDAHKAN PEKERJAAN BAPAK DAN IBU GURU.

Tidak ada komentar:

RAPOR KURIKULUM MERDEKA

RAPOR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS EXCEL Rapor Kurikulum Merdeka Berbasis Excel dibuat menggunakan MS Excel yang didesain dengan mudah, ringka...