Kamis, 14 Juli 2022

MEMBUAT STRUKTUR SEL DARI BAHAN MAKANAN

Untuk siswa siswi yang hobi makanan, ada baiknya Ananda menyalurkan hobi Anda menjadi suatu desain dalam kegiatan pembelajaran.   salah satunya yaitu membuat struktur sel dari bahan makanan.  

Sebelum kita membahas tentang cara membuat desain struktur sel, akan lebih baik jika Ananda mengenal terlebih dahulu apa itu sel.


Sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Jadi semua mahkhluk hidup tersusun atas banyak sel yang masing masing mampu melakukan aktivitas dan reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup.

Cara membuat struktur sel menggunakan bahan makanan

1. Siapkan bahan bahan makanan dan bahan lain sebagai berikut:  semangka, mie, sosis, kacang tanah, kerupuk, telur mata sapi  (Usahakan agar telur mata sapi kuningnya tidak menyatu dengan putihnya), dan bahan makanan lainnya, serta bahan penunjang seperti lidi, dan kertas, pena

2.  belah semangka menjadi 2 bagian, selanjutnya letakkan telur mata sapi di bagian tengah, kemudian mie,, sosis, kerupuk, kacang, dan bahan makanan lainnya dengan susunan yang menyerupai struktur sel.  kemudian beri label menggunakan kertas lekatkan label tersebut di batang lidi, dan tanapkan batang lidi pada bagian tersebut.  

walaupun tidak mirip 100 persen dengan struktur sel sungguhan, tetapi paling tidak akan memberikan inspirasi dan daya ingat siswa ketik mempelajari struktur sel  karena belajar sambil berkarya akan memberikan daya ingat yang lebih besar daripada hanya dengan membaca saja. 

 Berikut gambar struktur sel dari bahan makanan karya siswa


Gambar Model Sel dari Buah semangka dan berbagai bahan makan (Rahmat Suryanto)

Gambar proses kegiatan pembelajaran bersama siswa membuat struktur sel dari bahan makanan

Selamat Mencoba



Tidak ada komentar:

RAPOR KURIKULUM MERDEKA

RAPOR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS EXCEL Rapor Kurikulum Merdeka Berbasis Excel dibuat menggunakan MS Excel yang didesain dengan mudah, ringka...