Selasa, 28 Juni 2022

APLIKASI PKG (PENILAIAN KINERJA GURU)

 


Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. 


Ada 2 fungsi utama dari PKG yaitu
  1. Menjadi dasar penilaian tentang kompetensi dalam proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang linear dengan fungsi sekolah/madrasah. Artinya, pkg akan dijadikan profil guru yang bersangkutan.
  2. Sumber perolehan angka kredit bagi guru atas kinerjanya. Angka kredit itu nantinya akan dijadikan dasar pengembangan karir dan promosi, misal kenaikan pangkat atau jabatan fungsional.

PKG dibuat oleh sekolah melalui proses tertentu. Proses PKG dilakukan oleh tim penilai sekolah yang dilakukan oleh guru senior untuk menilai dan melakukan pembimbingan terhadap guru di bawahnya, dari proses penilaian PKG kemudian dihasilkan lembar PKG yang ditandatangani oleh kepala sekolah.
 
PKG merupakan salah satu syarat untuk pengusulan DUPAK dan kenaikan pangkat.   Oleh karena itu setiap guru harus memiliki PKG.

Untuk memudahkan guru dalam membuat PKG penulis menyediakan aplikasi PKG yang didesain menggunakan MS Excel yang sangat mudah, praktis dan otomatis sehingga memudahkan guru senior untuk membuat penilaian kinerja guru terhadap guru junior nya. 

Untuk download contoh aplikasi dan petunjuk dari aplikasi ini silahkan klik link download di bawah ini.


Info dan Pemesanan WA 081272157770

Tidak ada komentar:

RAPOR KURIKULUM MERDEKA

RAPOR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS EXCEL Rapor Kurikulum Merdeka Berbasis Excel dibuat menggunakan MS Excel yang didesain dengan mudah, ringka...